Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap Belajar Saham Pemula Di Pasar Modal

Lengkap Belajar Saham Pemula Di Pasar Modal

Lengkap Belajar Saham Pemula Di Pasar Modal - Selamat datang kembali di artikel kali ini Aku akan menjelaskan tentang bagaimana cara dan mulai dari mana dulu untuk belajar saham sebagai pemula? Dapat saya tebak Anda merupakan seorang ambisius buktinya sekarang Anda mencari sendiri ilmu untuk belajar saham, jarang orang memiliki tekat mau belajar tanpa di suruh, Aku harap pertahankan keinginan Anda itu cukup kokohnya.

Karena nantinya jika Anda mendapat masalah dan masalah dalam belajar dan mulai bosan dengan apa yang Anda sedang lakukan, keinginan Anda itulah yang menjadi fondasi paling utama untuk membuat Anda terus berusaha belajar dan bekerja, sebenarnya itu pengalaman Aku pribadi yang mau aku bagikan kepada pemula.

Belajar saham untuk pemula itu membutuhkan waktu, tidak bisa dengan membaca satu saja artikel yang Aku tulis ini besoknya kalian menjadi ahli. Semuanya butuh proses dan perjuangan, jatuh bangun, kecewa, sedih, pokoknya semuanya rasa akan Anda temui. Kuncinya sabar dan terus belajar.

Nah, secara garis besar ada beberapa istilah penting yang perlu Anda ketahu kalau mau belajar saham pemula antara lain : jadwal saham, IDX atau BEI, OJK, sekuritas atau broker, buy dan sell, RDN, dan masih banyak lagi.

Lengkap Belajar Saham Pemula Di Pasar Modal :

1. Jadwal Saham

Jadwal saham di bursa itu mulai Senin sampai Jumat, dan Senin sampai Kamis di sesi I dimulai jam 09.00 sampai 12.00 selanjutnya sesi II dimulai jam 13.30 sampai jam 15.00. Untuk hari Jumat di sesi I dimulai jam 09.00 sampai 11.30 selanjutnya sesi II dimulai jam 14.00 sampai 15.00.

Untuk lebih jelasnya dapat Anda akses di halaman web IDX yang resmi https://www.idx.co.id/investor/jam-perdagangan/ di situ sudah di jabarkan secara rinci.

2. Peran IDX Atau BEI

Selanjutnya adalah peran IDX atau BEI, IDX adalah sebutan dalam bahasa inggris yaitu Indonesia Stock Exchange atau BEI adalah sebutan dalam bahasa Indonesia yaitu Bursa Efek Indonesia. Walaupun penyebutannya berbeda namun yang dimaksud dengan mereka berdua adalah badan hukum yang mempunyai tugas sebagai sarana dalam melaksanakan dan mengatur jalannya kegiatan perdagangan jual beli yang ada di Pasar Modal baik itu saham, reksa dana, obligasi dan lain-lainnya.

3. Peran OJK

OJK adalah singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan yaitu berupa lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan terhadap pelaku usaha jasa keuangan. Seperti Bank, broker atau sekuritas, jasa pinjaman, dan sejenisnya.

Jadi, nantinya OJK ini ada perannya dalam mengawasi uang yang beredar di pasar modal. Sehingga pasar modal terhindar dari penggelapan dan tindakan kecurangan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

4. Peran Sekuritas Atau Broker

Sekuritas atau broker adalah berupa perusahaan yang menyediakan tempat untuk investor supaya bisa melakukan jual beli baik itu saham, reksa dana, obligasi, dan sejenisnya. gampangnya adalah sekuritas menyediakan tempat dan investor memberikan uang untuk transaksi jual beli.

5. Peran Buy dan Sell

Nah, ini pembahasan yang menarik di mana investor dapat untung atau rugi. Buy dan Sell adalah suatu aktivitas yang selalu terjadi saat pasar modal berlangsung, dengan ini maka harga suatu saham dapat naik atau bahkan turun dan untung atau rugi.

6. Peran RDN

RDN adalah singkatan dari Rekening Dana Nasabah, dalam pasar modal RDN menjadi tempat mengendapnya uang investor sebelum melakukan jual beli. Jika Anda tidak memiliki RDN maka Anda tidak bisa melakukan jual beli di pasar modal.

7. Dan lain-lainnya

Selanjutnya, masih banyak lagi materi yang harus Anda jika mau menjadi seorang investor yang ahli. Namun beberapa pembahasan di atas sudah cukup menjadi bekal utama Anda dalam melangkah ke langkah selanjutnya.

Terima kasih sudah mampir dan membaca sampai habis artikel ini, bagikan ke teman-teman Anda supaya mereka juga tahu informasi yang sangat penting ini.

Post a Comment for "Lengkap Belajar Saham Pemula Di Pasar Modal"